Masjid Camlica

Masjid Camlica adalah masjid terbesar yang berada di istanbul, turki dan juga seluruh daerah asia minor. Nama dari Masjid Camlica ini di ambil dari nama bukit karena Masjid Camlica ini berada di atas puncak tertinggi dari bukit camlica di kota istanbul. Masjid ini diresmikan pada tanggal 1 juli tahun 2016 oleh seorang presiden erdogen.

Bukit Camlica di istanbul

Bukit Camlica ini sendiri adalah bukit yang berada di perbatasan  dengan distrik uskudar, selain itu bukit ini juga dapat terlihat dari selat bosphorus dan juga laut marmara. Bukit Camlica ini terdapat dalm dua bagian yakni buyuk camlica yang berarti bukit besar dan kucuk camlica yang berarti bukit kecil. Arti dari nama bukit camlica ini adalah bukit cemara. Dulunya bukit ini ditanami dengan pohon cemara yang begitu banyak, karena sangat banyaknya sinar matahari tidak bisa masuk saking begitu rapatnya. Selain pohon cemara tanaman bunga yang beraneka ragam warna ini juga tumbuh di bukit ini.

Sejarah Masjid Camlica

Pada dahulu kala para sultan usmaniyah menaruh perhatian kepada bukit camlica ini, seperti halnya sultan murat IV yang memerintahkan untuk membangun rumah untuk peristirahatan di musim panas. Yang kemudian Sultan Mahmet IV ini memiliki gelar yakni sebagai sang pemburu, dan selanjutnya membangun sebuah loji perburuannya dan juga memperbaiki tempat permandian air panas yang alami di bukit besar atau buyuk camlica Dan di masa Sultan Selim III bukit camlica digunakan sebagai tempat untuk rekreasi bersamaan dengan selat bosphorus dan juga kagithane.

Tidak hanya itu, kaisar jerman wilhelm II memerintahkan untuk membangun sebuah monumen di atas bukit ini, namun hal tersebut ditolak dengan cara halus oleh sultan karena di sana juga ada makam dari ivaz fakih yang sangat dihormati oleh semua rakyat turki. Untuk mengganti dari keinginan kaisar jerman wilhelm II ini beliau memerintahkan untuk membangun sebuah  air mancur yang berada di pelataran sultan ahmet square sebagai wujud hadiah kepada sultan.

Namun berbeda dengan yang lainnya, seorang presiden turki erdogan ini membangun sebuah masjid dengan ukurannya yang besar di puncak bukit camlica ini. masjid camlica ini bukan hanya masjid terbsar yang ada di kota istanbul melainkan masjid ini juga masjid terbesar di turki dan juga seluruh wilayah asia kecil.

Bangunan dari masjid Camlica ini memakai gaya arsitektur klasik turki usmani dengan ciri yang paling utamanya berupa bangunan tinggi besar. masjid camlica ini dibangun untuk dapat menampung jamaah kira kira sebanyak 37 ribuan orang.

Selain itu masjid camlica ini dilengkapi dengan berbagai ragam fasilitas seperti halnya bangunan museum, galeri seni, perpustakaan umum serta lain sebagainya. Lebih menariknya lagi masjid megah ini dirancang oleh dua orang arsitek perempuan yang bernama bahar mizrak dan juga hayriye gul totu. Jumlah dana yang dihabiskan untuk membangun masjid ini senilai 150 juta lira turki.

Pembangunan dari masjid ini tidak dipakai untuk tempat melakukan ibadah saja melainkan juga merupakan upaya  dari pemerintah turki untuk menunjukkan keagungan dari negara tersebut kepada dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *