Masjid Agung Al Furqon

Salah satu masjid yang ada di Lampung yakni Masjid Agung Al Furqon yang berada di Jalan Diponegoro Teluk betung Utara Bandar Lampung. Masjid Agung Al Furqon ini mulai berdiri pada tahun 1958 dengan daya tampung jamaah yang bisa mencapai 3 ribuan orang. Di Masjid Agung Al Furqon ini menyediakan fasilitas seperti tempat untuk parkir, taman, tempat wudhu serta masih banyak lagi fasilitas yang sudah disediakan di Masjid Agung Al Furqon

Sejarah Masjid Agung Al Furqon

Sejak dibangun pada tahun 1958 masjid ini merupakan cikal bakal dari berdirinya sebuah perguruan tinggi islam yaitu Fakultas Islam yang bernama Fakultas IAIN Raden Intan Lampung. Sebelum Masjid Agung Al Furqon ini digunakan sebagai layaknya suatu bangunan masjid, masjid ini hanya memiliki satu lantai saja yang dipakai masyarakat sekitar sebagai kampus yang di pelopori M. Fu’ad Siradj, Mastar Ilyas, Sapawi Nadis, Barnawi Wahid serta dengan kawan kawannya. Selain digunakan jadi tempat beribadah masjid ini juga digunakan sebagi tempat perkuliahan yang mana Fakultas Islam Lampung IAIN Raden Intan Lampung akhirnya dicetuskan dari sebuah kegiatan di masjid tersebut pada saat itu.

Sebelumnya masjid ini masih belum memiliki sebuah kubah masjid sehingga ruangannya dibagi menjadi dua sisi yang mana sisi yang menghadap kiblat digunakan untuk tempat beribadah serta sisi belakang sebagai tempat perkuliahan. Pembagian masjid ini digunakan karena pada saat itu ada mahasiswi yang sedang mengalami uzur saat mengikuti kuliah sehingga ruangan tersebut dibagi menjuadi 2 ruangan. Ruangan yang menghadap ke barat sebagi masjid serta bagian timur sebagai ruang kuliah. Perkuliahan yang ada di Masjid Agung Al Furqon ini hanya berlangsung selama 2 tahun hingga Fakultas Tarbiyah pindah ke Kaliawi Tanjung Karang pada tahun 1966, berdasarkan sejarah Masjid Agung Al Furqon pada saat itu diresmikan oleh Menteri Agama.

Awal dari pembangunan masjid ini diprakarsai oleh presiden Rakyat Indonesia yang pertama yakni Ir Soekarno, Masjid Agung Al Furqon ini juga jadi suatu kebanggaan serta masjid terbesar di Kota Bandar Lampung. Letak dari Masjid Agung Al Furqon ini juga cukup strategis sehingga banyak jamaah dari bermacam kalangan di Bandar Lampung maupun dari daerah lainnya. Menurut sejarah dari Masjid Agung Al Furqon ini Presiden Soekarno membeli lahan ini pada tahun 1951 lalu lahan tersebut diwakafkan untuk dibangun sebuah masjid.

Arsitektur Masjid Al Furqon ini tambak Pada halaman dari masjid ini terdapat sebuah relief wali songo yang tepatnya berada di bagian kiri taman, pengerjakan masjid ini dikerjakan oleh dinas kebersian dan pertamanan serta dinas pekerjaan umum Bandar Lampung. Tidak hanya itu pada tahun 2016 pemerintah setempat berencana untuk melakukan pembangunan 2 menara besar yang tingginya 100 meter yang terletak di halaman Masjid Agung Al Furqon yang mana bentuknya akan dibuat mirip dengan masjid di madinah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *