Masjid Agung Al Furqon Bandar Lampung

Satu diantara masjid yang berada di Lampung yaitu Masjid Agung Al Furqon yang ada di Jalan Diponegoro Teluk betung Utara Bandar Lampung. Masjid Agung Al Furqon ini mulai berdiri pada th. 1958 dengan daya tampung jamaah yang dapat menjangkau 3 ribuan orang. Di Masjid Agung Al Furqon ini sediakan sarana seperti tempat untuk parkir, taman, tempat wudhu dan banyak lagi sarana yang telah disiapkan di Masjid Agung Al Furqon.

Histori Masjid Agung Al Furqon

Mulai sejak dibuat pada th. 1958 masjid ini adalah cikal bakal dari berdirinya satu perguruan tinggi islam yakni Fakultas Islam yang bernama Fakultas IAIN Raden Intan Lampung. Sebelumnya Masjid Agung Al Furqon ini dipakai jadi seperti satu bangunan masjid, masjid ini cuma mempunyai satu lantai saja yang digunakan orang-orang sekitaran jadi universitas yang di pelopori M. Fu’ad Siradj, Mastar Ilyas, Sapawi Nadis, Barnawi Wahid dan dengan kawan kawannya. Terkecuali dipakai jadi tempat melaksanakan ibadah masjid ini dipakai sebagi tempat perkuliahan yang mana Fakultas Islam Lampung IAIN Raden Intan Lampung pada akhirnya dicetuskan dari suatu kegiatan di masjid itu saat itu.

Terlebih dulu masjid ini masih tetap belum juga mempunyai satu kubah masjid hingga ruangnya dibagi jadi dua bagian, yang mana bagian yang menghadap kiblat dipakai untuk tempat melaksanakan ibadah dan bagian belakang jadi tempat perkuliahan. Pembagian masjid ini dipakai karna ketika itu ada mahasiswi yang tengah alami uzur waktu ikuti kuliah hingga ruang itu dibagi menjadi 2 ruang. Ruang yang menghadap ke barat sebagi masjid dan sisi timur jadi ruangan kuliah. Perkuliahan yang berada di Masjid Agung Al Furqon ini cuma berjalan sepanjang 2 th. sampai Fakultas Tarbiyah pindah ke Kaliawi Tanjung Karang pada th. 1966, berdasar pada histori Masjid Agung Al Furqon ketika itu diresmikan oleh Menteri Agama.

Awal dari pembangunan masjid ini diprakarsai oleh presiden Rakyat Indonesia yang pertama yaitu Ir Soekarno, Masjid Agung Al Furqon ini jadi satu kebanggaan dan masjid paling besar di Kota Bandar Lampung. Letak dari Masjid Agung Al Furqon ini cukup strategis hingga banyak jamaah dari berbagai kelompok di Bandar Lampung ataupun dari daerah yang lain. Menurut histori dari Masjid Agung Al Furqon ini Presiden Soekarno beli lahan ini pada th. 1951 lantas lahan itu diwakafkan untuk dibuat satu masjid.

Pada halaman dari masjid ini ada satu relief wali songo yang persisnya ada dibagian kiri taman, pengerjakan masjid ini ditangani oleh dinas kebersian serta pertamanan dan dinas pekerjaan umum Bandar Lampung. Bukan sekedar itu pada th. 2016 pemerintah setempat merencanakan untuk lakukan pembangunan 2 menara besar yang tingginya 100 mtr. yang terdapat di halaman Masjid Agung Al Furqon yang mana memiliki bentuk akan di buat serupa dengan masjid di madinah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *